My New Me

Thursday, April 23, 2009

Banyak pertanyaan dari orang tua yang mempunyai anak DS, apa sih tips-nya agar anaknya bisa berjalan spt Axl, my special son yang bisa berjalan lancar saat berusia 1,5 tahun.

Axl sudah bisa berjalan lancar saat usia 18 bln dan untuk ukuran anak DS termasuk bagus perkembangannya dikarenakan biasanya anak DS bisa berjalan lancar saat usia 2 tahun. Saya sendiri merasa tidak punya tips apapun, proses yang kami jalani sama seperti keluarga yang lain yaitu sempat down, tidak percaya, malu, minder kemudian berusaha bangkit dan belajar menerima anugerah spesial dan kemudian berusaha dan maju ke depan.

Tetapi mungkin yang membedakan adalah kecepatan kami dalam menerima titipan spesial ini terbilang cukup singkat dan tanpa halangan dari pihak keluarga dan juga kesehatan Axl yang terbilang cukup prima untuk seorang anak dengan DS dengab tipe Trisomi 21.

Masalah kesehatan paling cruisial adalah jantung. Yap benar, banyak anak DS yang mempunyai kelainan jantung, begitupun dengan Axl, jantungnya juga bocor tapi tidak terlalu parah, kebocorannya terbilang kecil dan cuma satu lubang sehingga dalam masa pertumbuhannya nanti, lubang itu akan menutup dengan sendirinya.

Jadi janganlah membandingkan anak DS yang mempunyai kelainan jantung dan yang tidak mempunyai, karena itu tidak seimbang. Sebagaimana kita semua tahu bahwa fungsi jantung adalah sangat vital dalam tubuh manusia sehingga bagi anak yang mempunyai kelainan di jantungnya tentu akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembang motorik halus dan kasarnya.

Kembali ke tips, menurut kami faktor yang menguntungkan Axl selain faktor di atas adalah kecepatan kami untuk menstimulasi Axl dan memeriksakan kondisi fisik Axl ke dokter spesialis jantung, mata, telinga, gastro, syaraf dan tiroid.

Kesimpulannya, keberhasilan anak dengan DS tergantung dari orang tuanya, jika orang tuanya cepat bertindak, tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan kekecewaan maka perkembangan motorik dan emosi anak tentu akan lebih baik. Sebagai acuan, Axl mulai diterapi saat usia 4 bulan, sesungguhnya lebih dini diterapi maka hasilnya akan lebih baik tetapi dikarenakan kondisi kesehatan Axl saat itu belum terlalu baik (terlahir dengan bilirubin tinggi/kuning, konstipasi/susah BAB, berat badan yang rendah/lahir cuma 2.45 gr) dan juga Axl harus menjalani operasi hernia saat usia 3 bulan.

Sebagai ibu yang mempunyai anak special dan terkondisi untuk harus tetap bekerja, masalah waktu memang menjadi kendala utama. Sehingga semboyan "quality time should much better than quantity time" dicoba diterapkan dalam kehidupan keluarga kami. Tipsnya adalah jadwal terapi Axl diusahakan ada hari Sabtu-nya sehingga saya dan suami bisa mengantar ke tempat terapi dan berkomunikasi dengan terapisnya.

Mau tidak mau, peranan pengasuh sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Axl. Sewaktu Axl masih bayi dan dalam proses belajar berjalan, syukur Alhamdullilah Axl mendapat pengasuh yang baik dan cakap menstimulasi Axl di rumah.

Jadwal keseharian Axl saya susun berdasarkan arahan terapis. Sehingga Axl terbiasa teratur dan terorganisir. Jadi saya tidak berpangku tangan dan menyerahkan semuanya kepada terapis dan pengasuh saja.

Contoh jadwal yang saya buat saat Axl berusia sampai 1,5 thn:
06.00 bangun tidur, klo blm bangun pindahkan ke ruangan lain yang terkena sinar matahari
06.30 mandi pagi
07.30 sarapan
08.00 berangkat terapi, perlengkapan terapi hrs sdh disiapkan malam harinya dan saya sdh cek & ttd di buku penghubungnya
09.00 sampai tempat terapi & terapi 12.00 kembali ke rumah
12.30 makan siang
13.00 tidur siang
15.00 stimulasi di rumah (terkadang memanggil terapis dtg ke rumah) 17.00 mandi sore
17.30 main
18.00 makan malam
20.00 tidur

Jadwal keseharian Axl tentunya tidak bisa diterapkan 100%, mau tidak mau harus disesuaikan kondisinya pada hari itu tetapi setidaknya dengan adanya program ini maka Axl akan terbiasa dengan keteraturan. Dan hasilnya saat ini, Axl sering mendapat penghargaan sebagai siswa yang tidak pernah terlambat dan jarang tidak hadir dalam setiap aktivitasnya.

Tips lainnya, saya membikin catatan yang harus diisi oleh pengasuhnya yang berisi daftar apa saja yang Axl makan dan minum dan pada jam berapa. Sepulang dari kerja, saya akan mencek catatan itu dan saya bisa mengetahui apa saja yang sudah Axl konsumsi pada hari itu. Selanjutnya, semua perintah/instruksi dari saya ke pangasuh selalu dalam bentuk catatan dan ditempel di kulkas jadi jelas apa yang saya harapkan dari mereka.

Pada awalnya, terapi Axl cuma 2 hari seminggu @ 1 jam, kmd ditambah dan ditambah sampai kemudian setiap hari. Saya mixed antara tempat terapi yang cukup jauh dari rumah dengan yang jaraknya dekat dari rumah kami dan ada jadwal yang memanggil terapis datang ke rumah. Alasan kami adalah setidaknya dalam sehari Axl akan menerima stimulasi selama @1 jam dengan good quality, hal ini dikarenakan saya hanya bisa menstimulasi Axl pada hari libur kerja dan pada malam hari sepulang dari kantor.

Satu hal yang perlu diperhatikan, kalau kita easy dalam menjalani hidup dan tidak menghukum diri sendiri atas keadaan anak special kita maka anak kita akan menjadi mahluk yang pernuh percaya diri dan ceria. Jadi orang tua-nya harus pede dulu menghadapi keadaan sang anak dan tentunya akan berimbas anak juga pede terhadap keadaan sekelilingnya. Sooo.. become pede parents yah.. hahahahaha

Selanjutnya, pengalaman kita saat membesarkan si spesial, kita bisa share ke orang tua yang lain maka selain menambah pahala juga membikin hidup kita menjadi lebih berarti dan tentunya menambah kepercayaan diri kita juga khan.. "ohhh pengalamanku bisa membantu orang tua yang lain" dan kita jadi bersemangat untuk lebih mengembangkan kemampuan anak spesial kita. Banyak orang tua yang mengeluhkan mengapa anak spesialnya tidak pede berjalan. Hal ini rasanya lumrah, anak normalpun di tahap awal berjalan tentunya akan mengalami hal yang sama. Tetapi sedikit tips, kami menaruh mainan favoritnya kemudian Axl akan berusaha berjalan untuk meraihnya, selain itu kami ajak Axl belajar berjalan di lapangan rumput sehingga dengan suasana yang berbeda dan udara yang segar, Axl jadi happy dan semangat belajar berjalannya Jadi tipsnya, jangan paksakan anak dan bikin suasana yang happy.

Tips yang lain, pijatan secara teratur, waktu masih bayi saya sendiri yang memijat sebelum tidur malam. Ada loh buku dan CD juga yang berisi panduan cara memijat anak-anak, bisa dibeli di toko buku. Dan sekarang sih jadwal pijatnya 2 minggu sekali dengan memanggil mbok pijat. Pijat sangat berkhasiat lohh, bisa melancarkan aliran darah, membikin postur tubuh lebih bagus dan menguatkan otot-otot kaki. Patut dicoba.

Untuk supplemen dan obat-obatan, saya tidak pernah mencobakan ke Axl karena bagi saya, satu-satunya obat untuk anak DS saat ini adalah terapi/stimulasi. Vitamin yang diberikan ke Axl, hanyalah vitamin yang biasa diminum anak2 yang lain, yang mengandung minyak cod dan harganya sangat terjangkau dan dibeli apotik/supermarket.

Hal ini dikarenakan pengalaman pribadi teman saya sangat membekas di hati kami. Anaknya mengalami keterlambatan perkembangan dan bisa berjalan saat usia 2 tahun dan kemudian teman saya mencoba memberikan supplemen herbal ke buah hatinya tetapi di luar dugaan, anaknya yang masih berusia 4 tahun mengalami stroke, lumpuh dan mau tidak mau kembali ke titik nol, belajar berjalan lagi.

Berdasarkan pengalaman ini maka saya sangat menghindari Axl meminum berbagai macam supplemen/obat-obatan. Biarlah Axl seperti sekarang ini, kami takut jika kami terlalu berani dalam bertindak maka apa yang sudah Axl dan kami raih dengan susah payah akan terengut dikarenakan suplemen-suplemen itu.

Pesan saya terutama untuk ibu yang mempunyai anak special dan terkondisi tetap harus bekerja, jangan menyerah yah bu. walaupun kita bekerja kita tetap bisa menstimulasi anak kita.. asal kita berusaha pasti Allah akan memberikan jalan kepada kita. Keep become good mom and good employee.. :-D

Rasanya sekian dulu sharing dari saya, semoga bisa sedikit membantu teman-teman yang sedang gundah dengan anak spesialnya, Insya Allah jika ada waktu saya akan membikin lanjutannya, my sharing saat Axl memasuki usia sekolah :-)

Best Regards, Ayu-Axl

Labels:

posted by mama ayu at 3:03 AM

3 Comments:

like you post !!!

11:27 PM  

salut ibu..sy hery dan istri (heny)dikarunia putra ketiga dengan DS..awal kelahiran dokter lsg mengabarkan klo bayi kami DS..dan kebetulan istri berprofesi sbg dokter setelah melihat lsg jg membenarkan hal itu..bayi kami sempat dirawat 25 hr (hr ini diperbolehkan pulang)krn jantung dan gula darahnya tdk stabil..hr ini hr 1 dia di rumah..semoga sy dan istri bs merawat anak istimewa kami seperti ibu..share pengalaman ibu dalam mengasuh axl akan sangat berharga buat kami..

10:25 AM  

salut ibu..sy hery dan istri (heny)dikarunia putra ketiga dengan DS..awal kelahiran dokter lsg mengabarkan klo bayi kami DS..dan kebetulan istri berprofesi sbg dokter setelah melihat lsg jg membenarkan hal itu..bayi kami sempat dirawat 25 hr (hr ini diperbolehkan pulang)krn jantung dan gula darahnya tdk stabil..hr ini hr 1 dia di rumah..semoga sy dan istri bs merawat anak istimewa kami seperti ibu..share pengalaman ibu dalam mengasuh axl akan sangat berharga buat kami..

10:26 AM  

Post a Comment

<< Home